Rabu, 26 November 2008

Wi-Fi di Pesawat

San Francisco - Seperti apa rasanya, sambil terbang sekitar 7 kilometer di udara (25.000 kaki), tapi masih bisa ngeblog atau nonton YouTube?

Demikian yang dieksplorasi oleh beberapa penumpang dalam penerbangan ujicoba layanan WiFi di maskapai Virgin America. Layanan bernama Gogo ini nantinya akan dihadirkan pada penerbangan komersial Virgin.

Percobaan tersebut antara lain dihadiri oleh Kent German, jurnalis Cnet. Setelah melewati ketinggian 10.000 kaki (sekitar 3 kilometer -red), sinyal Wi-Fi sudah terlihat dan bekerja lebih cepat daripada layanan internet kabel di rumah.

Layanan Wi-Fi pada maskapai Virgin America baru tersedia untuk satu unit Airbus A320 dan baru akan bisa diakses secara komersial pada akhir November 2008 bertepatan dengan hari Thanksgiving di AS. Nantinya, seluruh penerbangan Virgin akan menikmati layanan ini pada 2009 kuartal kedua 2009.

Namun, ayanan ini tidak cuma-cuma diberikan oleh maskapai penerbangan. Penumpang harus membayar USD 9.95 untuk penerbangan selama tiga jam dan USD 12.95 untuk penerbangan lebih dari tiga jam.

Kent German mengatakan pengalaman penerbangan jadi lebih menyenangkan dengan adanya akses internet. "Dengan dibukanya layanan seperti ini anda akan dapat browsing, chatting dan email sambil menikmati penerbangan," tulisnya.

Layanan ini tersedia melalui Aircell yang berfungsi untuk memberkan kekuatan pada jaringan Wi-Fi di dalam pesawat. Menara radio yang terletak di darat mengirimkan transmisi EV-DO Rev A ke pesawat. Setelah itu, tiga antena yang terdapat pada badan pesawat akan menangkap sinyal itu untuk kemudian dikirim ke seluruh kabin.

Tidak ada sensor terhadap situs apa yang boleh dilihat penumpang selama dalam penerbangan. Perangkat apapun yang bisa mengakses WiFi, termasuk ponsel dan gadget lainnya, bisa menggunakan layanan tersebut. detik.com