Kamis, 27 November 2008

Pemutar MP3 Diandalkan untuk Usir Perompak

London - Para perompak asal Somalia terus berbuat ulah dengan membajak kapal-kapal bermuatan barang berharga. Militer berbagai negara seperti Inggris dan India pun meluncurkan kapal bersenjata berat untuk menangkis serangan mereka.

Namun perusahaan Inggris, Anti-Piracy Maritime Security Solutions (APMSS) tampaknya cukup percaya diri dengan mengandalkan teknologi laser sonik untuk mengamankan kapal. Bahkan, perangkat pemutar musik MP3 biasa memegang peranan penting dalam teknologi tersebut.

Perusahaan keamanan tersebut membekali kapal dengan perangkat Long Range Acoustic Device (LRAD) yang volumenya dikendalikan dengan pemutar MP3 biasa.

Perangkat LRAD ini diklaim mampu mengeluarkan bebunyian begitu keras sehingga bisa membuat telinga jadi tuli permanen. Begitu kapal pembajak mendekat, bebunyian melengking bakal diarahkan pada mereka untuk merusak konsentrasi dan membuat mereka membatalkan niat merompak.

Hanya saja, perangkat teknologi untuk menakut-nakuti para pembajak ini disewakan dengan amat mahal, yakni sebesar US$ 21.000 untuk 3 hari pemakaian. Meski demikian, permintaan diklaim cukup tinggi.

Pihak APMSS mengaku telah mengirimkan 10 tim untuk mengendalikan perangkat itu di berbagai kapal yang menyewanya untuk menangkal ancaman para perompak Somalia. detikinet.com