Senin, 10 November 2008

Bhuvan Peta Online Saingan Google Earth Akan Hadir

New Delhi - India rupanya gatal meluncurkan pesaing aplikasi peta online populer, Google Earth. Melalui lembaga Indian Space Research Organisation (ISRO), India mengembangkan sistem informasi berbasis web yang mirip dengan Google Earth bernama Bhuvan.

Chairman ISRO, G Madhawab Nair bahkan menyatakan bahwa Bhuvan bakal jauh lebih presisi ketimbang Google Earth. Namun jika Google menyediakan informasi dari seluruh bumi, Bhuvan spesifik hanya memantau wilayah geografis India saja.

"Bhuvan akan menyediakan informasi terkini mengenai sumber alam. Kami akan memberi peta yang sangat akurat dengan gambar terbaru. Hal ini akan menguntungkan rakyat India," kata Nair seperti dilansir ITExaminer

Nair berharap proyek Bhuvan selesai dalam waktu 6 bulan mendatang. Dia menginformasikan bahwa software dan infrastruktur yang diperlukan telah dibuat oleh organisasinya.

Ditambahkannya, layanan online tersebut akan memetakan seluruh bagian bumi, baik permukaan maupun kandungan mineral di dalamnya. Semuanya diklaim bakal disajikan dengan resolusi tinggi dan mudah digunakan.

"Dengan Bhuvan, kita akan mampu memproduksi informasi lokal yang spesifik hanya untuk negeri kita. Informasi yang tersedia akan bermanfaat mengantisipasi masalah seperti banjir, kelaparan, pendidikan dan sebagainya," pungkas Nair.Detikinet