Kamis, 27 November 2008

Lenovo Tawarkan Sistem Keamanan Laptop Lewat SMS

Lenovo sebagai salah satu produsen laptop kembali menawarkan fitur keamanan yang bisa diakses lewat SMS. Layanan ini berfungsi untuk mematikan laptop yang lupa dimatikan melalui layanan seluler ini.

Lenovo akan mulai memasang fitur ini pada jajaran produk laptop mereka yang dilepas paruh pertama tahun 2009 nanti. Dalam teknologi ini, Lenovo memanfaatkan teknologi jaringan WAN untuk menghubungkan sebuah laptop dengan hingga sepuluh buah ponsel.

Saat pemilik laptop mengirimkan 'pesan' untuk mematikan laptop maka laptop akan secara otomatis shut down. Namun tentu saja layanan ini hanya akan berfungsi pada jaringan WAN yang mendukung standar SMS.

Menurut sebuah berita yang dilansir EWeek hari Selasa (25/11/08) disebutkan bahwa salah satu kelebihan dari sistem ini adalah karena pemilik laptop tinggal mengirimkan pesan SMS berisi perintah mematikan laptop ini bila laptop tersebut hilang atau dicuri. Bila pada saat itu laptop tidak berada dalam jangkauan jaringan WAN, maka secara otomatis SMS ini akan 'menunggu' hingga laptop tersebut terdeteksi sebuah jaringan dan mulai bekerja.kapanlagi.com