Kamis, 06 November 2008

Komputer dulu dan kini

Sejak dahulu manusia melakukan pengolahan data, dimana proses pengolahan datanya banyak dilakukan secara manual dan tidak menggunakan mesin. Pengolahan data menjadi informasi yang berguna dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan abacus yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu sebagai alat hitung tradisional. Pengolahan data menjadi informasi untuk mencapai tujuan yang di inginkan, dalam hal ini abacus memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian, dimana setiap biji bisa di geser-geser kiri dan kanan. Biji-biji tersebut terdapat pada sebuah rak yang tertata rapi. Para pedagang dimasa lalu menggunakan abacus untuk melakukan pengolahan data khusus untuk melakukan perhitungan transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil kertas terutama dieropa abacus mulai ditinggalkan dan kehilangan popularitasnya.
Abacus pertama kali muncul di asia kecil yang dianggap sebagai awal mula mesin komputasi, Namun dibeberapa tempat abacus masih digunakan hingga saat ini.
Manusia juga telah menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk melakukan pengolahan data. Namun setiap pengolahan data terdahulu tidak secanggih pengolahan data sekarang yang serba otomatis. Ini semua tidak terlepas dari perkembangan atau evolusi yang panjang dari penemuan-penemuan sejak dahulu kala sampai sekarang banyak alat pengolahan data yang terus dikembangkan.
Teknologi komputer sekarang tidaklah lebih dari perkembangan dan penemuan-penemuan alat-alat mekanik dan elektronik terdahulu. Sekarang ini komputer dan setiap aplikasinya telah digunakan hampir setiap aspek kehidupan dan pekerjaan sehingga tenaga manusia tidak lagi banyak digunakan. Pemanfaatan teknologi komputer sangat membantu manusia dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Ini mengakibatkan kegiatan yang menggunakan tenaga manusia tidak lagi dapat dipergunakan dan sama sekali tidak lagi dibutuhkan banyak. Sehingga mengakibatkan dampak kepada manusia itu sendiri yaitu manusia banyak yang kehilangan pekerjaannya karena sudah di gantikan mesin yang berbasiskan komputer.
Salah satu contoh
Pembuatan pembukuan transaksi penjualan di suatu pusat belanja dahulunya dilakukan secara manual diamana manusia menggunakan buku, penggaris, dan pena yang alat-alat tersebut difungsikan untuk melakukan pengolahan data transaksi dipusat belanja tersebut. Setiap file disimpan dirak alias diarsipkan, semakin lama rak akan penuh dengan arsip. Hal ini menyebabkan manusia berusaha untuk supaya melakukan perubahan. Sampai sekarang kita lihat, dengan teknologi komputer orang lebih mudah dan sangat efisien dalam menyimpan data. Manusia tinggal mengentrikan kemudian komputer melakukan proses secara otomatis data tersebut akan tersimpan didlam media penyimpanan. Dengan peranacangan program untuk membangun suatu layout sebagai hasil dari pngolahan yang akan membantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya. Semua dat akan aman dengan informasi yang valid, disamping mempercepat proses pekerjaan manusia juga menghasilkan pengoalhan data transaksi penjualan secara tepat dan tidak terlalu dalam penggunaan dana.
Sejak zaman dahulu sampai sekarang alat pengolah data digolongkan menjadi 4 golongan:
1. peralatan manual
yaitu: peralatan pengolahan data yang sangat sederhana dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga manusia secara keseluruhan.
2. peralatan mekanik
yaitu: peralatan yang sudak berbentuk mekanik yang digunakan dengan tangan manusia secara manual.
3. peralatan mekanik elektronik
yaitu: peralatan mekanik yang digerakan mesin secara otomatis misalnya menggunakan motor elektronik.
4. peralatan elektronik
yaitu: peralatan yang bekerja secara elektronik dan dimamfaatkan manusia untuk mempermudah dan mempercepat pekejaan dalam berbagai aspek kehidupan.
Teknologi informasi adalah teknologi kopmputer yang menggabungkan setaiap elemen alat mekanik dan elektronik melalui sebua jalur komunikasi diaman ajalur ini membawa informasi, baik itu berupa vidio, gambar dan informasi penting lainnya.
Setelah alat pengolahan data berkembang dari waktu kewaktu menyebabkan perubahan bentuk dan cara bagaimana suatu teknologi komputer dalm mengolah data. Seperti halnya komputer yang semula berawal dari alat hitung abacus yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di asia kecil dan samapi saat ini abacus masih banyak digunakan dibeberapa tempat dibelahan dunia. Banyak orang beranggapan bahwa Abacus dianggap sebagai awal mula munculnya mesin komputasi.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yanng semakin pesat sangat berpengaruh terhadap cara dan pola hidup manusia. Dimana kita lihat perkembangan produk yang berbagai macam rasa, bentuk dan model disebabkan karena pemamfaatan teknologi komputer. Salah satu dari berbagai produk yang mengalami perubahan menuju penyempurnaan adalah komputer itu sendiri.
Komputer adalah sutu sistem kompleks yang banyak menggunakan atau memakai berabagai bentk dan jenis peralatan yang berbasiskan teknologi.
Diabawah ini merupakan jenis teknologi yang dipakai dalam sistem komputer:
• tekhnologi elektronika
• tekhnologi magnetika
• tekhnologi kabel
• tekhnologi elektromekanika
• tekhnologi kristal cairan
• tekhnologi plasma gas
• tekhnologi optika laser
• tekhnologi logika

Evolusi Komputer
Paad abat 12 tepatnya pada tahun 1642, muncul seseorang yang bernama blaise pascal berkebangsaan prancis menemikan sebuah mesin hitung yang mampu melakukan operasi penambahan dan pengurangan. Mesin ini dikenalnya dengan sebutan numerical wheel calculator (kalkulator roda numerik) untuk memantu ayahnya, yang merupakan seorang akuntan dikota rouen. Didalam berbagai hal ia senang membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Mesin ini dikenal dengan nama pascaline. Dengan banyaknya kelemahan alat ini yang hanya bisa melakukan proses penjumlahan dan pengurangan.
Di tahun 1964, seorang ahli matematika jerman gottfried wilhelm von leibniz memperbaiki pascaline dengan mengembangkannya sehingga bisa melakukan operasi penambahan, pengurangan, pembagian , perkalian dan perhitungan akar. Mesin ini dikenal dengan nama desk calculator.
Pada tahun 1745, joseph marie jaquard merancang mesin pengontrol tenunan dengan menggunakan pola punch card.
Kemudian ditahun 1833 ahli matematika universitas cambridge charles babbage menemukan mesin hitung serba guan yang dapat mengoperasikan hitungan dengan fungsi pangkat dan logaritma. Mesin ini dinamakan dengan difference engine. Kemudian mesin tersebut disempurnakannya menjadi analytical engine.
Ditahun 1887 seorang ahli statistic yang bekerja pada biro sensus amerika serikat, Dr. herman hollerith membuat mesin pembaca kartu berlubang yang dikenal dengan nama cencus machine.
Setelah tahun 1890 Dr. herman hollerith mengkonversikan mesin sensus tersebut untuk kepentingan bisnis, sehingga akhirnya di tahun 1896 ia berhasil menciptakan tabulating machine, dan ia keluar dari biro sensus. Disamping itu ia juga mendirikan perusahaan bernama tabulating machine company. Tahun 1924 perusahaan tersebut diubah namanya menjadi international bussiniss machines corporation (IBM).
Kedudukan Dr. herman hollerith di biro sensus digantikan oleh james power yang meneruskan karyanya, pada tahun 1910 james power berhasil menyelesaikan tabulasi penduduk amerika serikat dengan baik. Aka teapi setahun kemudian james power juga keluar dari biro sensus , mendirikan perusahaan power accounting machine company, dala perkebangan selanjutnya perusahan tersebut menjadi UNIVAC Division of Remington Rand Company.
Pada awal tahun1973, howard aiken guru besar pada universitas Harvard yang bekerja sama dengan para mahasiswanya dan para tekhnisi dari IBM mulai mengembangkan mesin hitung otomatis. Pola kerja mesin hitung ini dipadukan dengan mesin hitung yang diciptakan oleh Dr. herman hollerith, yaitu dengan menggunakan kartu coblos. Akhirnya mesin hitung otomatis tersebut selesai diselesaikan pada tahun 1944 dan dinamakan HARVARD MARK I, selanjutnya dikembagkan MARK II dengan kemampuan 12 kali lebih besar dari pendahulunya. Tepatnya pada bulan September 1949 dibuat MARK III, yang merupakn mesin elektronik dengan menggunakan magnetig drum memory.
Mikrokontroler

Mikrokontroler adalah sebuah chip IC yang mempunyai RAM dan ROM bahkan ADC yang sudah tertanam dalam satu chip dengan kemasan yang simple dan kecil.
Aplikasi dari mikrokontroler ini dapat digunakan untuk mengontrol sebuah sistem dengan satu chip dan beberapa komponen pendukung lainnya dapat bisa mengendalikan suatu sitem yang sangat besar. (cap-cari-cap cap-cap).