Rabu, 19 November 2008

Piranti Baca Elektronik Sony Terbaru, Plus Pena Stylus

Sony Corp. baru saja mengumumkan pada publik piranti baca buku elektronik (e-book reader) terbaru mereka. Dalam alat baru itu terdapat fitur lampu terpasang tetap dan layar sensitif sentuh, dua tambahan yang tidak ada dari alat baca Kindle, produk kompetitor dari Amazon.com Inc.

PRS-700 adalah piranti baca Sony ketiga, dan akan meluncur ke pasaran pada akhir bulan ini dengan harga sekitar 400 dolar. Produk itu mencerminkan eksperimen lebih jauh terhadap keinginan menemukan formula paling tepat untuk membuat e-book reader lebih dari sekedar ornamen.

Seperti model reader Sony sebelumnya dan Kindle, PRS-700 memiliki layar tinta elektronik (e-ink) enam inci dengan abu-abu gelap pada teks dan berlatarbelakang hijau terang. Tidak seperti displai layar kristal cair pada laptop atau telepon genggam, layar e-ink tidak dapat disinari dari belakang, namun PRS-700 memiliki dioda pemancar cahaya yang dapat dihidupkan untuk menyinari layar dari samping.

Piranti berbobot 10 ons itu juga hadir dengan stylus, yang dapat digunakan untuk menggarisbawahi teks atau membuat catatan tangan. Bukan cuma itu, ia juga dapat menyimpan 350 buku dalam memori internal dan tentu lebih banyak lagi dalam kartu memori tambahan. Pembaca dapat menggunakan alat tersebut untuk membuka sekitar 7.500 halaman sebelum membutuhkan colokan listrik untuk mengisi baterai.

Hanya saja PRS-700 tidak sebanding dengan fitur utama ciri khas Kindle, berupa koneksi nirkabel ke toko buku online Amazon untuk mendownload buku instan. Gantinya, buku diunduh ke dalam piranti tapi harus dihubungan dengan PC lebih dulu.

Steve Haber, president Divisi Bisnis Digital Reading Sony mengatakan--seperti yang dilansir oleh washingtonpost.com--jika perusahaan sebenarnya bermaksud mendesain versi nirkabel, namun piranti dipersiapkan dapat mengakses bermacam situs toko buku online.

Saat ini, ketika Kindle mendownload buku hanya dari toko Amazon, Sony membedakan diri dengan tidak menonjolkan toko mereka sendiri, malahan membuka piranti baca itu kepada e-book dari berbagai macam situs toko buku online.republika.co.id