Minggu, 02 November 2008

Jantung Buatan

Jantung buatan yang dapat dicangkokkan dalam tubuh manusia, bisa jadi harapan besar bagi ribuan penderita. Jantung buatan ini oleh ilmuwan Prancis akan diujicobakan pada manusia dalam dua atau tiga tahun mendatang.

Sebuah perusahaan yang didukung oleh raksasa angkasa EADS, dan perusahaan bedah jantung Prancis, berusaha memproduksi jantung buatan ini. Carmat SA yang dibiayai oleh perusahan keuangan Truffle Capital, BUMN Prancis OSEO dan EADS melaporkan percobaan awal pada binatang dan tes laboratorium mendapatkan hasil yang menjanjikan.

"Pada saat ini, prototip jantung buatan sudah dipatenkan dan sedang menjalani tes praklinis," kata perusahaan itu.

Perangkat ini memiliki fungsi sama dengan jantung manusia, secara otomatis menjaga tekanan dan aliran darah sesuai kebutuhan pasien.

Pengembangan selanjutnya, alat akan dites pada pasien yang tidak memiliki pilihan perawatan kesehatan yang lain, sebelum diuji coba pada pasien yang lebih sehat.

Ahli jantung asal Prancis, Alain Carpentier, yang mengembangkan jantung buatan ini adalah pakar terkenal dalam memperbaiki katub jantung. Dia juga sudah membuat sejumlah katub buatan yang digunakan secara luas pada bedah jatuh.

"Saya terbentur dengan batasan terapi dan saya pikir saya dapat memberikan kontribusi lain,” katanya seperti dikutip dari Harian Prancis Le Monde. Ia menambahkan masih perlu dua atau tiga tahun lagi sebelum bisa diuji coba pada manusia. INILAH.COM, Paris -