Rabu, 19 November 2008

Radiasi Ponsel Pun Bisa Merusak Tambalan Gigi

Studi yang dilakukan perguruan tinggi di Iran kembali mengungkap efek negatif dari radiasi yang dipancarkan oleh perangkat ponsel. Kali ini, radiasi elektromagnetik ponsel dinyatakan dapat merusak tambalan gigi.

TechRadar yang dikutip detikINET, Rabu (19/11/2008) melansir, studi yang dilakukan oleh Shiraz University of Medical Sciences itu menyimpulkan bahwa kandungan merkuri yang ada di tambalan gigi bisa tergerus oleh radiasi ponsel.

Studi ini melibatkan 14 pelajar yang masing-masing punya tambalan gigi yang diukur kandungan merkurinya melalui urine. Hasilnya, pada mereka yang memakai ponsel, kandungan merkuri di urinenya lebih tinggi daripada yang tidak.

Dari situ para ilmuwan ini berani mengambil kesimpulan bahwa radiasi yang dipancarkan ponsel punya pengaruh signifikan terhadap hilangnya merkuri di tambalan gigi.

Namun demikian, studi itu ternyata tidak hanya mengungkap soal bahaya ponsel terhadap gigi. Namun ponsel yang didaur ulang, dikatakan para ilmuwan ini, juga bisa dimanfaatkan menjadi bahan untuk memperbaiki gigi.www.detik.net