Jumat, 07 November 2008

Printer dalam Kamera Digital

Kamera digital saat ini sudah merakyat, tetapi rasanya tetap ada sesuatu yang kurang. Apa ya? Ternyata kemudahan mencetak ala kamera Polaroid. Begitu selesai motret, hasilnya bisa langsung dilihat dan dipegang.

Poloraid memang sudah mati. Namun teknologi dasarnya tetap hidup. Ingat dong dengan Zin, perusahaan yang bisa mencetak foto digital secara langsung tanpa menggunakan tinta? Zink kini menggandeng tangan perusahaan pembuat mainan bernama Tomy untuk memproduksi xiao TIP-521, sebuah kamera digital yang di dalamnya terkandung sebuah printer.

Kamera digital ini berukuran normal dengan resolusi 5 megapixel. Tampilannya retro, dan di dalamnya sudah terkemas mesin printer Zink plus software yang memungkinkan foto dicetak lengkap dengan border dan template. Sebuah receiver inframerah (IrDA) juga tersedia sehingga perangkat inframerah lain bisa mengirimkan gambar untuk dicetak ke xiao.

Sebuah foto warna tanpa pinggiran dengan ukuran 2x3 inci (5x7,6 cm) selesai dicetak dalam tempo 60 detik saja. Kamera ber-printer ini sayangnya hanya akan dipasarkan di Jepang akhir bulan ini.WIEK (sumber : tekno.kompas.com)