Sabtu, 29 November 2008

IBM Mencari Pengembang XML Terbaik

IBM dan IDUG (International DB2 User Group) menggelar kompetisi untuk memilih pengembang perangkat lunak berbasis XML (Extensible Markup Language) terbaik yang diberi nama "The Search for the XML Superstar" untuk kalangan mahasiswa di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

"Kompetisi ini merupakan wujud nyata dari komitmen IBM untuk mengembangkan individu-individu dan komunitas-komunitas dengan pengalaman di bidang teknologi basis data XML yang inovatif di pasar yang pertumbuhannya sangat tinggi di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia," kata Country Manager Software Group IBM Indonesia, Kustiawan Kusumo, di Jakarta, Jumat (28/11).

Dia mengatakan Indonesia mempunyai potensi yang luar biasa dari segi SDM pengembang piranti lunak dan bisa menyumbang devisa bagi negara yang besar. Mengutip data Gartner, Indonesia membutuhkan tenaga TI sebanyak 350.000 orang pada 2010.

Sementara itu, Staf Ahli Menristek bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Engkos Koswara mengatakan kompetisi perangkat lunak XML merupakan cara yang efektif untuk menyajikan pengalaman industri dunia nyata kepada para mahasiswa agar mereka tidak tertinggal oleh tren-tren TI dan teknologi-teknologi baru.tekno.kompas.com