Kamis, 27 November 2008

Sensor Helm Rekam Data Ledakan

Washington - Sebuah sensor untuk helm dikembangkan angkatan laut Amerika Serikat (AS) guna mengukur kekuatan ledakan yang terjadi di dekat pemakai helm.

Diharapkan sensor ini dapat membantu mengumpulkan data yang diperlukan untuk pengobatan saat tentara mengalami cedera otak traumatik.

Menurut David Mott, peneliti di Naval Research Laboratory, dengan helm bersensor ini, angkatan laut akan memiliki rekaman tentang ledakan yang terjadi di sekitarnya.

Sebuah percobaan dilakukan dengan menggunakan orang-orangan yang mengenakan helm sensor. Kemudian bom C-4 seberat 1,5 kg diledakkan dengan jarak beberapa meter dari orang-orangan tersebut.

Mott kemudian menunjukkan pergerakan gelombang udara yang memasuki celah antara helm dengan kepala. Helm tersebut memberikan perlindungan sisi kepala dari ledakan.

Namun, helm ini juga mengumpulkan gelombang yang datang di bawah celah dan hal ini dapat memberikan tekanan yang lebih tinggi di bagian belakang kepala.

Protototipe sensor helm ini telah dikembangkan, tapi proyek ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan. detikinet.com