Kamis, 20 November 2008

85 % Perusahaan Menggunakan Open Source

Sekitar 85 persen perusahaan telah menggunakan aplikasi berbasis open source dan diperkirakan 15 persen sisanya akan mengikuti jejak pada 2009 mendatang. Temuan itu diungkapkan oleh perusahaan analis Gartner Senin (17/11), setelah melakukan survey dengan melibatkan 247 organisasi yang tersebar di Asia-Pasific, Eropa dan Amerika Utara

Survey yang dilakukan oleh Gartner juga menyebut bahwa hanya 31 persen perusahaan yang kini tengah melakukan kajian untuk melakukan penggunaan open-source software (OSS).

Gartner melakukan survey atas penggunaan OSS selama bulan mei-juni 2008 dan baru dipublikasikan awal pekan ini.

Para responden dalam survey ini menyebut bahwa soal potensi besarnya biaya yang harus dikeluarkan menjadi alasan utama mengapa mereka mengadopsi penggunaan OSS ini.

Selain itu penggunaan OSS dianggap bisa mematahkan dominasi satu vendor selain tentunya soal pasar dan masalah kompleks dalam penggunaan OSS ini.

Namun Gartner juga mencatat bahwa kekuarangan pengetahuan soal penggunaan hak kekayaan intelektual sebagai salah masalah yang bakal muncul dikemudian hari.

"Hanya karena gratis maka jangan menganggap semuanya tidak ada biaya yang dikeluarkan,' jelas Laurie Wurster yang merupaakn salah satu direktur riset di Gartner.

Masih menurut Laurie, sebuah perusahaan harus memiliki kebihjaan bagaimana menyerap aplikasi OSS untuk memutuskan aplikasi apa yang bisa didukung oleh OSS.

Sekali telah menjadi putusan maka kemudian yang harus dilakukan adalah melihat kebijakan OSS yang digunakan.

Laurie Wurster menambahkan bahwa banyaknya variasi tipe lisensi pada OSS harus dipahami dengan baik agar terhindar dari penerapanya di kemudian hari.jaknews.com