Senin, 08 Desember 2008

YouTube Kini Tampilkan Video High Definition

Setelah mencoba untuk menampilkan video dengan resolusi tinggi selama hampir setahun, kini YouTube mulai menampilkan video dengan kualitas high definition (HD), setidaknya untuk beberapa video yang di-upload dengan kualitas tersebut. Sekitar awal bulan ini sudah ada gosip yang mengatakan kalau YouTube sedang menguji fitur tersebut, tapi kabarnya sekarang fitur ini sudah tersebar luas.

Ditambah lagi dengan format widescreen dan datangnya film layar perak, YouTube terus berevolusi menjadi situs video internet berkualitas tinggi. Kini kita hanya memutuhkan internet berkecepatan tinggi untuk menggunakan semua fitur yang ditawarkan.

Fitur baru ini memang belum disinggung dalam blog YouTube, tetapi orang-orang mulai melihat fitur baru tersebut pada Twitter kemarin pagi. Anda dapat menemukan sejumlah video HD pada YouTube dengan menggunakan kata kunci "HD" pada pencarian YouTube.

Pada awalnya YouTube hanya menampilkan link "watch in higher quality" untuk video-video yang di-upload dalam kualitas HD seperti gambar di atas. Sebelumnya pengunjung hanya dapat menonton versi HD apabila secara manual menambahkan "&fmt=22" pada sebuah URL YouTube dan versi HD hanya akan ditampilkan apabila video tersebut tersedia dalam kualitas yang diminta.

Pilihan menonton dalam kualitas HD hanya muncul pada video di situs YouTube sendiri dan bukan video yang di-embed, tetapi kabarnya kualitas video HD di YouTube dapat menyaingi kualitas video yang ditawarkan berbagai situs rivalnya seperti Vimeo.

Sebagai perbandingan, coba anda lihat dua potongan gambar video dari Nicolas Charbonnier di bawah ini. Anda juga bisa mengunjungi video ini untuk melihat contoh video YouTube dengan kualitas HD. udaramaya.com