Senin, 08 Desember 2008

Acer Janjikan Smartphone untuk Kuartal 1 2009

Walaupun kondisi perekonomian sedang sulit, Acer tetap optimis dapat bertumbuh pada tahun 2009. Perusahaan tersebut memprediksikan penjualan laptopnya meningkat 15-20% selama tahun 2009 dan total pendapatan meningkat 25-30%. Selain itu Acer juga optimis terhadap pasar ponsel pintar dan walaupun sempat terjadi kebingungan internal, Acer secara resmi mengatakan kalau mereka akan meluncurkan ponsel pintar bermerek Acer pertama pada kuartal pertama tahun depan.

Pengembangan ponsel pintar Acer ini sebenarnya bisa ditebak saat mereka mengakuisisi salah satu produsen ponsel pintar Taiwan "E-Ten Information System." Proses akuisisi telah selesai bulan September kemarin dan para pengamat pasar memperkirakan kalau ponsel pintar merek Acer akan luncur akhir tahun ini.

Walaupun begitu perwakilan Acer mengatakan kalau waktu peluncuran yang lebih masuk akal adalah kuartal pertama 2009, dimulai dari Eropa Barat dan Rusia disusul daerah lainnya. Tapi, masih juga terdapat pernyataan membingungkan yang muncul dari JT Wang yang baru-baru ini mengatakan kalau peluncuran akan dilakukan selambat-lambatnya pada tahun 2009, bersamaan dengan proses negosiasi Acer dengan penyedia jasa selular global.

Menindak lanjuti komentar Wang, Acer telah mengklarifikasikan kalau mereka akan secara resmi meluncurkan ponsel tersebut pada kuartal pertama 2009, walaupun tidak memberikan detil spesifik pada daerah mana.

Wang sendiri percaya kalau segmen ponsel pintar akan menjadi faktor pendorong pertumbuhan utama bagi perusahaan dalam waktu 3-5 tahun ke depan. Acer juga telah berencana untuk menambah staf pada divisi ponsel pintarnya hingga mencapai 500 orang, termasuk 200 yang ditransfer dari divisi R&D E-Ten.

Menurut salah seorang sumber dari perusahaan, Acer mengambil alih pengembangan ponsel pintar, sementara E-Ten lebih fokus kepada pengembangan alat penelusur saham secara real-time, segmen pasar di mana E-Ten mendapuk kesuksesan pertamanya pada akhir 1990an.udaramaya.com