Selasa, 02 Desember 2008

Mercy Buat Mobil tanpa Bensin

Inilah kabar sangat menarik. Tujuh tahun mendatang, perusahaan mobil Jerman Mercedes, alias Mercy, bertekad mengakhiri keharusan adanya bensin sebagai bahan bakar pada mobil buatannya. Sebagai ganti bensin, mobil-mobil Mercy akan memanfaatkan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan

Selain mobil listrik yang bebas emisi dan berbahan bakar fuel gas, saat ini Mercedes memang sedang mengembangkan mobil yang didayai oleh batere dan tenaga hidrogen. Tujuannya tak lain adalah membuat mobil yang lebih efisien bahan bakar.

Salah satu contoh hasil pengembangannya adalah seri A dan B Class. Kedua seri yang akan dijual Oktober mendatang ini dibekali teknologi Start/Stop. Teknologi ini akan mematikan mesin mobil begitu mobil berhenti di lampu merah dan otomatis menghidupkan mesi ketika Anda mengangkat kaki dari pedal rem.

Seri lain yang juga hemat bahan bakar adalah Blue Efficiency A-Class 160 dan C- Keduanya disebutkan bisa mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 12%.

Yang juga sebentar lagi dipasarkan adalah mobil fuel cell tanpa emisi seperti F600 Hygenius. Mobil yang dirancang untuk masuk ke prototipe B-Class pada bulan-bulan mendatang itu menggunakan listrik dan hidrogen sebagai ‘bahan bakar’.