Rabu, 24 Desember 2008

Layar Laptop untuk Luar Ruangan

Jika Anda sering bekerja dengan laptop di luar ruangan, misalnya di taman atau di pinggir pantai, layar laptop buatan LG ini pasti menyenangkan. Tampilan backlight biasanya sulit dibaca di bawah pancaran sinar matahari yang terik. Jika layar LCD laptop Anda bertipe glossy alias mengilat, wah lebih sulit lagi melihat tampilan di layar saat berada di luar ruangan. Semuanya terpantul.

LG melihat kondisi itu sebagai peluang untuk membuat layar yang khusus mendukung penggunaan di luar ruangan. Saat dipakai di luar ruangan, panel LCD barunya justru mendapatkan penerangan dari cahaya matahari. Akibatnya, layar menjadi lebih mudah dibaca sambil menghemat daya baterai laptop. Ingat, layar LCD sangat rakus daya. Namun saat digunakan di dalam ruangan, layar akan kembali menggunakan teknologi backlighting yang biasa.

Teknologi ini akan dipamerkan LG pada ajang CES (Consumer Electronics Show) di Las Vegas awal tahun depan. Saat ini chaebol Korea itu menjagokan layar LCD 14,1”.

Namun, tentu saja kita boleh berharap layar khusus tersebut juga akan dikemaskan pada model 10”, alias pada netbook. Cuma ada pertanyaan yang menggantung: bagaimana tampilan LCD tersebut saat cuaca mendung? kompas.com