Rabu, 17 Desember 2008

PDF Viewer di dalam Gmail

Pengguna Gmail kian dimanjakan. Kali ini datang dalam dukungan PDF Viewer. Alhasil membuka lampiran berformat PDF tidak harus membuat kita sabar menanti. Kita juga tidak perlu lagi membuka program PDF Viewer khusus seperti Adobe Reader. Sebab pembaca dokumen PDF sudah ditanam ke dalam Google Docs. Pembaca ini cepat, juga punya kemampuan untuk membantu kita mencari apa pun yang kita inginkan di dalam dokumen PDF tersebut.

Enaknya lagi, viewer tersebut menampilkan thumbnail dari halaman-halaman dokumen. Thumbnail bisa digunakan untuk melompat secara cepat di seluruh dokumen. Ditambah lagi ada zoom built-in untuk memperbesar teks dokumen.

Dan jika komputer yang Anda gunakan bersama-sama (sharing) di kantor tidak memiliki Adobe Acrobat atau program PDF viewer lainnya, kita tetap dapat membuka dan melihat lampiran PDF. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengklik link View dari dalam Gmail. Jangan kuatir, link Downlink tetap tersedia.

Kali pertama Anda mengklik View, Anda akan diharuskan mendaftar Google Docs (jika belum). Prosesnya sederhana kok. tekno.kompas.com