Sabtu, 31 Januari 2009

Google Luncurkan M-Lab

Semakin banyak ISP hari ini telah mulai memblokir jaringan P2P maupun secara aktif mengurangi bandwidth berbagai pengguna yang ingin memaksimalkan layanan internet "unlimited" mereka. Kita sebagai pengguna sangat sulit membuktikan apakah ISP secara sengaja mengurangi bandwidth yang kita terima atau mencegah berfungsinya beberapa aplikasi seperti BitTorrent.

Untuk mengatasi hal ini, sebelumnya udaramaya pernah menyarankan 25 alat untuk menguji jaringan internet Anda, tetapi kini, Google bersama dengan New America Foundation's Open Technology Institute dan PlanetLab Consortium mengumumkan Measurement Lab, sebuah platform terbuka yang dapat digunakan para pengguna untuk menguji koneksi internet mereka.

Sepanjang tahun 2009, Google akan menyediakan para ilmuwan 36 server di 12 lokasi di Eropa dan Amerika yang memungkinkan mereka untuk melakukan analisa koneksi pita lebar untuk mendeteksi adanya manipulasi data oleh para ISP. Di saat yang sama, Google juga menyediakan sekumpulan alat yang memungkinkan pengguna untuk menguji koneksi pita lebar mereka.

Saat ini Measurement Lab sudah menyediakan tiga alat yang dapat dipakai yaitu:

1. Glasnost, sebuah aplikasi berbasis Java untuk menguji apakah ISP menyaring trafik BitTorrent
2. Network Diagnostic Tool untuk kecepatan koneksi internet
3. Network Path and Application Diagnosis, sebuah aplikasi untuk mendiagnosa masalah yang sering ditemukan di jaringan pita lebar

Selain itu, halaman aplikasi M Lab juga memperlihatkan dua aplikasi akan datang DiffProbe untuk menguji apakah ISP memberikan prioritas yang lebih tinggi terhadap trafik tertentu dan NANO, untuk menguji apakah ISP memberikan prioritas yang berbeda terhadap pengguna atau aplikasi tertentu.

Apabila tertarik, unduhlah beberapa alat ini dan tempatkan hasil pengujian Anda bersama ISP Anda di komentar di bawah ini. udaramaya.com