Rabu, 21 Januari 2009

Layanan Penyimpanan dan Sinkronisasi Cloud Zumodrive

Seiring berkembangnya kecepatan akses internet, penyimpanan dan sinkronisasi file berbasis cloud juga menjadi semakin penting karena banyaknya pengguna internet hari ini yang bekerja di lebih dari satu PC, entah itu adalah sebuah PC desktop, laptop, netbook ataupun ponsel pintar yang juga memiliki media penyimpanannya sendiri.

Sebelumnya kita juga sudah pernah mendiskusikan berbagai cara untuk mensinkronisasikan data Anda di berbagai PC termasuk menggunakan Dropbox yang cross platform ataupun Live Mesh yang berbagai jenis alat mulai dari desktop hingga ponsel.

Sebuah layanan baru bernama Zumodrive memasuki segmen ini dengan idenya sendiri. Mirip dengan berbagai layanan sinkronisasi lainnya, Zumodrive menciptakan sebuah drive di PC Anda yang disinkronisasikan ke cloud. Akan tetapi tidak seperti layanan sinkronisasi lain yang menciptakan replika data Anda di semua PC, Zumodrive menyimpan semua file Anda di satu lokasi saja, yaitu di cloud — lalu "menipu" PC Anda agar mengira file-file tersebut tersimpan secara lokal di PC Anda. Zumodrive akan melakukan streaming data dari web saat Anda mengakses file-file ini di PC Anda.

Jadi contohnya, Anda dapat menyimpan semua MP3 Anda di cloud untuk kemudian diakses di semua komputer Anda tanpa perlu menghabiskan kapasitas hard disk di setiap PC. Anda bahkan tetap dapat menggunakan iTunes seperti biasa untuk memutar library musik Anda di Zumodrive karena PC Anda akan mengira lagu Anda tersimpan secara lokal.

Zumodrive juga cukup pintar untuk mensinkronisasikan file yang sering Anda pakai ke semua PC sehingga Anda akan tetap dapat mengakses file-file tersebut tanpa memiliki konektivitas internet. Anda juga dapat melakukan klik kanan di file tertentu dan memilih untuk menyimpan replika file tersebut secara lokal.

Zumodrive saat ini masih berada dalam tahap beta tertutup, dalam waktu dekat ini Zumodrive juga akan mengeluarkan aplikasi iPhone sehingga pengguna dapat mengakses datanya dari ponsel tersebut. Zumodrive menawarkan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas jadi masalah satu-satunya yang akan dihadapi pengguna adalah "secepat apakah koneksi internet Anda?" udaramaya.com