Rabu, 07 Januari 2009

Lenovo S10 Kenali Wajah Pemiliknya

Masih ingat iklan TV notebook Lenovo di mana seorang lelaki yang tersesat lama akhirnya pulang ke rumah dalam keadaan compang-camping dan kotor? Bagaimana istrinya tidak lagi mengenali wajahnya yang penuh janggut? Bahkan anjingnya pun pangling. Satu-satunya yang tidak lupa dengan si lelaki itu adalah notebook-nya, bermerek Lenovo, yang dilengkapi dengan fitur pengenal wajah.

Nah, fitur ini juga sudah diturunkan Lenovo pada netbook-nya, yakni seri IdeaPad S10. Seri ini sebenarnya sudah beredar di pasar, tetapi kini Lenovo membubuhkan tambahan pada IdeaPad S10 tersebut. Yang ditambahkan adalah kemampuan Quick Start, software pengenal wajah (facial recognition), dan akses mudah ke komunitas jaringan sosial Lenovo.

Fitur Quick Start memungkinkan para pengguna S10 untuk mengakses sejumlah aplikasi yang sering digunakan, termasuk browser web, pemutar musik, penampil foto, perangkat instant messaging, dan Skype. Untuk memudahkan pengguna log in ke netbook-nya, Lenovo membundelkan software pengenal fitur wajah VeriFace. Jadi para pengguna S10 dapat log in ke sistem hanya dengan menggunakan webcam dan wajah masing-masing. Mereka yang sudah memiliki S10 dipersilakan mengunduh software ini dari situs Lenovo.

Sementara itu, bagi pengguna yang baru mengawali jaringan sosial, Lenovo memperkenalkan tool preload yang disebut LenovoSocial. Tool ini membuat para pengguna S10 untuk dengan mudah terkoneksi ke sebuah portal sumber daya online untuk membantu mereka melakukan navigasi dan berpartisipasi dalam komunitas jaringan sosial.

Satu lagi tambahan, tetapi yang ini berbayar. Jika ingin mengganti baterai 3-cell IdeaPad S10/S9 menjadi 6-cell, Anda sudah bisa membelinya. Di situs AS-nya, baterai dalam pilihan warna hitam dan putih itu dijual 129,95 dollar AS, atau sekitar sepertiga harga unitnya. kompas.com