Jumat, 31 Oktober 2008

Hadapi Google Apps, Microsoft Siapkan Aplikasi Office via Web

Microsoft mengumumkan bahwa aplikasi Microsoft Office di masa mendatang bisa diakses langsung dari web. Langkah ini tampaknya dilakukan Microsoft untuk menghadapi kompetisi yang kian ketat, khususnya dari Google.

Aplikasi bernama Office Web itu akan termasuk Word, Excel, PowerPoint maupun OneNote yang bisa dipakai via browser web. Menurut Chris Capossela, Senior Vice President Microsoft, produk itu dibuat agar konsumen bisa mengakses Office secara lebih mudah.

Aplikasi Office Web akan tersedia bagi konsumen di antaranya melalui portal Microsoft Office Live. Akan tetapi produsen sotware terbesar di dunia ini belum mengumumkan waktu rilis berikut biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati Office versi web itu.

Langkah Microsoft ini dinilai tak mengejutkan karena pesaing beratnya, Google telah merilis aplikasi online semacam Office dalam brand Google Apps yang bisa dinikmati dengan biaya murah. Google bahkan terus agresif menawarkan Google Apps ke perusahaan dan pemerintah.

Microsoft menambahkan bahwa nantinya mereka bakal menjual Office web secara langsung dan juga melalui para mitranya. (InformationWeek/detik)